counter easy hit

Ayo Manjat Belimbing : Kupas ilir-ilir

BQN, ilir-ilir mungkin merupakan salahsatu yang paling melegenda di tanah jawa. betapa tidak, dinyanyikan hampir setiap hari oleh berbagai kalangan santri, menjadi bahan materi kultum/ceramah, hingga menjadi objek kritik berbagai pihak. Jangan salahkan kami, redaksi tawbat.com, bila tergoda berkomentar pula tentangnya.

Syairnya yang merdu, iramanya yang sederhana, serta muatan isinya yang tak habis dicerna. begitulah kiranya komentar yang pas menurut kami untuknya. mari mengingat kembali syairnya:

ilir-ilir 2x

tandure wus sumilir

tak ijo royo-royo

tak sengguh temanten anyar

cah angon-cah angon penekno blimbing kuwi

lunyu-lunyu yo penekno

kanggo masuh dodot iro

dodot iro-dodot iro kumitir bedah ing pinggir

dondomono jlumatono, kanggo sebo mengko sore

mumpung padhang rembulane

mumpung jembar kalangane

yo surako surak hore

berikut rekaman kami dari berbagai ustadz yang pernah menafsirkan lagu ini.

ilir-ilir. Ilir secara harfiah adalah kipas yang terbuat dari anyaman bambu. Anda bisa melihat langsung pada penjual sate madura. itulah ilir. Nah, ilir-ilir dengan demikian adalah mengipas-ngipas. mondar mandir Ngalor ngidul ngulon ngetan munggah mudun njungkir walik dan sebagainya. Pelajaran yang bisa dipetik, Manusia pada umumnya terjebak pada aktivitas dasar ilir-ilir. Pergi pagi-pagi pulang petang penghasilan pas-pasan potongan premi pajak pungli pol-polan pala pusing penat pegal parah-parahnya langsung pemakaman. kita terlibat dalam kesibukan dunia yang tiada habisnya. Bahkan untuk sekedar menikmati apalagi mensyukurinya pun tak sempat. itulah gambaran betapa manusia pada umumnya mengalami ilir-ilir, terkipas-kipas….

bersambung…..

Baca Juga

MANFAAT MENJADI DONATUR GAUL
Menegakkan Rukun Islam: Memahami Misi Ilahiyah
KUNJUNGAN JAMAAH FUNTAHSIN KE SYAMIL QUR’AN
RAKER BAITUL QURAN @ JOGJA 2013
Al Quran Jendela Syurga 3: Tafkhim
Al Quran Jendela Syurga

Silahkan tinggalkan balasan